Jumat, 07 September 2012

Waduh, Google Play Simpan 290 Ribu Aplikasi Berbahaya

Amerika Serikat - Berpikir bahwa hanya membeli aplikasi dari 'toko resmi' sudah aman? Belum tentu. Pengguna Android, waspadai aplikasi berbahaya yang beredar di Google Play.

Hasil penelitian yang dilakukan firma keamanan cyber Bit9 menyebutkan, dari 412 ribu aplikasi di Google Play yang diuji, 290 ribu diantaranya patut diwaspadai. Aplikasi ini berpotensi mengakses informasi personal penggunanya.

Meski tidak dikategorikan sebagai malware, Bit9 seperti dilansir Ubergizmo dan dikutip detikINET, Jumat (2/11/2012), mengelompokkan aplikasi-aplikasi ini dengan label 'berbahaya'. Bit9 membagi aplikasi dalam sejumlah kategori.

Laporan Bit9 menyebutkan, 42 percen dari aplikasi yang diuji tersebut mengakses data lokasi GPS. Sebanyak 31 persen 'mengintai' panggilan telepon, 26 persen mengakses data personal seperti kontak dan email dan 9 persen memanfaatkan permission yang bisa membebankan biaya pada si pengguna.

Penelitian Bit9 dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan produk mobile agar lebih baik. Selain Google Play, Bit9 juga akan memperluas risetnya ke platform lain seperti Apple App Store dan Amazon Appstore.

0 komentar:

Posting Komentar

By Zoelfata. Diberdayakan oleh Blogger.