Rabu, 15 Mei 2013

Cara Mempercepat Koneksi Internet


internet cepat
Koneksi internet bermasalah memang menjadi salah satu penyebab membosankanya penggunaan dan akses layanan internet.

Cara mempercepat koneksi internet pada komputer khususnya banyak sekali di dapatkan dari situs-situs di internet tetapi sayangnya kebanyakan situs-situs yang membahas trik mempercepat koneksi tersebut tidak menyesuaikan koneksi yang sedang kita gunakan.

Tahukah anda bahwa setiap jenis koneksi internet memiliki pengaturan optimal yang berbeda dalam mempercepat koneksi dari masing-masing jenis koneksi tersebut ?


Dalam pembahasan kali ini Mr. ISO akan membahas beberapa trik dan cara mempercepat koneksi internet secara mudah dan cepat untuk setiap jenis koneksi yang anda gunakan, pastikan sebelum memulai pengaturan optimal untuk mempercepat koneksi internet anda memperhatikan beberapa faktor Eksternal (luar) yang bisa saja menghambat koneksi internet anda.

Cek jangkauan sinyal anda

Bagi anda pengguna modem GSM/CDMA ataupun jaringan wireless lainya seperti WIFI bagusnya kualitas sinyal sangat berpengaruh pada koneksi internet anda, Untuk memperkuat sinyal pada Modem GSM/CDMA ada beberapa cara yang harus anda lakukan diantaranya :

1. Letakan Modem di tempat yang berpotensi memiliki sinyal tinggi

Lokasi modem menentukan kuat dan stabilnya sinyal yang anda dapatkan, secara umum bentuk modem hampir menyerupai flashdisk sehingga lokasi modem tersebut mau tidak mau harus dekat dengan PC ataupun Laptop, tapi kita bisa menutupi kekurangan tersebut dengan cara Menggunakan USB Ektender sebagai cara alternatif agar modem anda bisa diletakan di tempat yang kita inginkan agar mendapatkan kualitas sinyal yang bagus, tempat terbaik untuk mendapatkan sinyal yang stabil dari modem GSM adalah dengan mendekatkan Modem ke arah BTS terdekat, cara tambahan lain adalah membuat antena yang bisa memperkuat sinyal GSM/CDMA seperti Wajan Bolic atau Antena YAGI Extreme.

Bagi anda yang tidak mempunyai jenis antena tersebut tak usah kecewa karena tentunya banyak jalan menuju ROMA dan juga banyak cara mempercepat koneksi internet dengan cara lainya, yaitu dengan membuat sebuah antena yang bisa memanfaatkan benda yang ada disekitar kita, diantaranya :


  • Alumunium foil (Kertas yang biasa digunakan untuk membungkus kue atau makanan)
  • CD/DVD atau VCD
  • Kaleng susu bekas
  • Barang-barang yang terbuat dari aluminium (Panci, Wajan, Jemuran dll.)

Beberapa alat diatas bisa anda manfaatkan untuk memperkuat sinyal Modem GSM/CDMA anda, memang tidak sehebat Antena wajan bolic atau Yagi tapi tetap bisa menambah kualitas sinyal yang ada.

Setelah itu pastikan peletakan Modem GSM/CDMA berada di tempat yang jauh dari kabel listrik ataupun alat yang memiliki muatan listrik lainya seperti Magnet, karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas sinyal yang di dapatkan, bagi anda pengguna USB ekstender modem pastikan kabel USB tidak melewati jalur listrik.

Masalah USB Ekstender pada modem biasanya terjadi seperti Modem Yang tidak terdeteksi oleh PC atau laptop, jika hal ini terjadi pada anda coba ubah mode USB 2.0 ke USB 1.0 karena pada USB 1.0 koneksi jalur data lebih stabil untuk usb jarak jauh seperti USB eksternder, Cara merubah USB 2.0 ke USB 1.0 biasanya terdapat pada konfigurasi hardware di BIOS mode

(Mr. ISO pernah mencoba menggunakan trik USB 1.0 di Modem PHS 101 dan hasilnya berhasil).

Cara lain agar Modem terdeteksi saat menggunakan USB ekstender adalah memberikan power atau tenaga tambahan pada USB ekstender dengan cara memotong kabel power pada USB ekstender lalu memasangnya pada konektor USB lain (tutorial lengkap bisa anda cari di Google), trik ini hasilnya lebih efektif dibandingkan dengan trik merubah versi USB ke 1.0

2. Cek kecepatan koneksi modem yang anda gunakan

Kecepatan paket internet dari setiap provide GSM dan CDMA berbeda-beda, meskipun pada kenyataanya banyak provider yang menawarkan kecepatan akses internet yang begitu tinggi kenyataanya kecepatan internet yang ada malah kurang/lebih lambat daripada yang ditawarkan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi internet di modem, diantaranya :

Jenis sinyal yang didapatkan seperti pada GSM ada beberapa jenis sinyal GSM yaitu


  • GPRS  Koneksi terlambat yang ada di GSM, kecepatan yang anda dapatkan dari GPRS biasanya 64Kpps
  • EDGE  Koneksi pengembangan GPRS yang kecepatan rata-rata biasanya  473 Kbps
  • 3G  dibawah HSDPA
  • HSDPA  Koneksi yang paling sering di gunakan oleh pengguna modem dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 3.6 Mbps
  • HSPA+  diatas HSDPA
  • LTE 4G  Masih jarang digunakan di indonesia

Sedangkan untuk CDMA jenis sinyal yang cukup kuat adalah REV baik kelas A dan kelas B.

catatan : nilai dalam bit dan untuk kecepetan download saja.

Perbedaaan bps dan Bps

Nilai 1 Byte adalah 8 bit dan bps adalah bit per second sedangkan Bps adalah byte per second jadi jika anda mendapatkan koneksi internet EDGE maksimal 473 Kbps anda akan mendapatkan kecepatan maksimal download adalah 473/8 = 60KBps.

Setelah anda mengetahui jenis dan maksimal keceparan yang anda dapatkan pertama-tama lakukan tes koneksi internet anda dengan membuka situs speedtest.net disana anda akan mendapatkan dua nilai yaitu :

Upload Speed

upload speed adalah kecepatan koneksi internet dalam melakukan Upload atau mengunggah file baik gambar, software ataupun video.

Download Speed

Download speed adalah kecepatan koneksi internet dalam melakukan download atau mengunggah file dari internet.

Kedua jenis nilai tersebut di tulis dalam bit, jadi anda bisa merubahnya kedalam Byte dengan membagi nilai tersebut dengan angka 8, ingat juga bahwa

1Kbyte = 1024 Bit
1Mbps = 10240 bit

Nah itulah persiapan eksternal untuk Modem GSM/CDMA sekarang tinggal persiapan tambahan untuk anda pengguna jaringan wireless seperti wifi hampir sama dengan Modem GSM, beberapa persiapan untuk pengguna WIFI diantaranya :

1. Pastikan anda dekat dengan pusat server wifi/hotspot

Semakin dekat anda dengan server wifi maka semakin kuat juga kualitas sinyal yang anda dapatkan, pastikan jarak anda dan pemancar wifi tidak terhalang oleh benda asing seperti tembok ataupun pepohonan karena hal itu akan menghambat kualitas sinyal yang di dapatkan.

Ada istilah LOS (Line Of Sight) yang berarti jarak pandangan lurus terhadap tujuan/target sehingga bisa diartikan jarak Penerima WIFI (Laptop atau ponsel) Ke Pemancar atau Pusat WIFI berada lurus tanpa halangan atau jarak bisa dilihat oleh mata tanpa ada halangan.

2. Semakin banyak pengguna wifi area menjadi semakin kecil

Dipastikan ketika banyak pengguna WIFI yang ada semakin banyak, kualitas internet biasanya akan menjadi lebih lambat atau malah menghilang, beberapa jenis pemancar WIFI memiliki prioritas semakin dekat reciever dengan client makan client itulah yang mendapat prioritas koneksi lebih tinggi, jadi ayo merapat ke server heeee.

Nah setelah persiapan selesai lalu lakukan pengetesan koneksi internet dengan cara yang sama di bagian tutorial Modem GSM (Menggunakan speedtest).

Untuk pengguna jaringan Internet kabel

Bagi anda pengguna layanan  ISP dengan kabel pastikan letak kabel dan modem anda tidak berdekatan dengan jalur listrik seperti yang sudah dijelaskan diatas, hal tersebut malah memperburuk kualitas sinyal.

Setelah langkah eksternal diatas anda lakukan setidaknya anda sudah mendapatkan sinyal yang stabil dan keceparan koneksi yang anda dapatkan, silahkan lanjut ke Cara mempercepat koneksi internet selanjutnya yaitu dengan konfigurasi tambahan pada PC seperti :

Install software mempercepat koneksi internet seperti Cfospeed
Gunakan internet browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome
Update driver wireless atau modem anda ke versi terbaru.

Mempercepat koneksi internet untuk pengguna windows XP

Untuk pengguna windows XP secara default microsoft hanya memberikan batasan jumlah koneksi (net-max half open) sebesar 8 koneksi saja, hal ini bisa anda siasati dengan cara mendownload TCP/IP Changer  Disini

Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, jalankan aplikasi lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Ubah kolom angka tersebut ke range 256-512 lalu pilih Apply dan restart komputer anda.

Microsoft sengaja memperkecil batasan koneksi tersebut agar pengguna PC terlindungi dari koneksi internet yang bisa saja virus, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak terlalu masalah yang ada malah koneksi internet yang ada malah tidak bisa di gunakan sepenuhnya oleh kita.

Jika anda pengguna Mozilla Firefox silahkan baca artikel

Trik Mempercepat Firefox

Cara mempercepat download di IDM

Bagi anda pengguna Internet Download Manager anda bisa melakukan pengaturan koneksi dengan cara masuk ke :

Tab Download  >>  Option
Lalu masuk ke tab connection
Lalu sesuaikan kecepatan koneksi internet anda


Setingan di atas di sesuaikan dengan Koneksi EDGE, pada kolom Default max. connection number sesuaikan dengan jenis koneksi yang anda gunakan..


  • GPRS bisa 1 atau 2
  • EDGE dan 3G ubah ke 4
  • HSDPA dan HSPA+ ubah ke 8
  • Koneksi lebih dari 10Mbps ubah ke 16

0 komentar:

Posting Komentar

By Zoelfata. Diberdayakan oleh Blogger.