Jumat, 07 Desember 2012

Intel Siapkan Prosesor Tablet Segarang PC


Intel Ivy Bridge
 
Intel Ivy Bridge
 KOMPAS.com - Intel dikabarkan sedang menyiapkan versi baru yang lebih hemat daya dari prosesor desktop Core-i Generasi Ketiga atau populer dipanggil "Ivy Bridge".

Menurut sumber yang dikutip oleh Cnet, prosesor baru itu nantinya akan memiliki konsumsi daya 10 watt atau kurang sehingga memungkinkan terciptanya tablet Windows 8 yang lebih ringan dan mampu menjalankan aplikasi Windows standar.

Kecuali tablet Surface Pro yang belum diluncurkan, kebanyakan tablet -atau perangkat mirip tablet- Windows 8 berukuran 10 dan 11 inci yng beredar saat ini menggunakan prosesor Intel Atom Z2760. Meskipun hemat daya, chip ini tertinggal dalam hal kinerja dari prosesor desktop seri Core-i Generasi Ketiga,


Sementara itu, alternatif lain seperti prosesor berbasis ARM pada tablet Surface milik Microsoft tak bisa menjalankan aplikasi Windows standar.

Prosesor Core i5 yang kini dipakai laptop tipis MacBook Air dan Ultrabook pun masih mengkonsumsi daya yang terlalu tinggi, yaitu sebesar 17 watt.

Nah, prosesor "Ivy Bridge" yang lebih hemat daya ini rencananya akan memberikan kompromi yang ideal. Dengan prosesor tersebut, para produsen hardware diharapkan bisa membuat tablet Windows 8 yang tak hanya tipis dan ringan, tapi juga kencang dan mampu menjalankan aplikasi Windows standar.

Intel sendiri belakangan memang menjadikan efisiensi pemakaian daya pada prosesornya sebagai fokus utama. September lalu, perusahaan ini mengumumkan bahwa penerus Ivy Bridge ("Haswell") yang bakal dirilis tahun depan akan memiliki konsumsi daya sekitar 10 watt dan lebih rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

By Zoelfata. Diberdayakan oleh Blogger.