Selasa, 20 November 2012

Perkuat Pencarian, Facebook Gaet Yahoo?


San Francisco - Urusan mesin pencarian, Facebook sudah menggandeng Bing. Namun kabarnya, Facebook kini sedang dekat dengan Yahoo, membahas kerja sama mesin pencarian. Apakah Facebook akan 'mendepak' mesin Microsoft tersebut dan beralih ke Yahoo?

Saat ini, Bing menjadi senjata Facebook untuk pencarian di situsnya. Microsoft juga menyediakan Bing Maps di Facebook Timeline dan Facebook Page translation. Jika Facebook bermitra dengan Yahoo di bidang pencarian, sepertinya kolaborasi Bing dengan Facebook akan berakhir.


Bos Yahoo Marissa Mayer telah bertemu dengan COO Facebook Sheryl Sandberg. Keduanya membicarakan kemungkinan membangun mesin pencarian Facebook-Yahoo. Ini mungkin saja menjadi rival bagi Bing dan Google.

Mark Zuckerberg sendiri seperti dilansir Cnet dan dikutip detikINET, menyebutkan sebelumnya memang sudah pernah mengumumkan bahwa perusahaannya akan membangun produk pencarian yang lebih baik.

"Facebook punya posisi yang unik dalam menjawab pertanyaan pengguna internet. Pada poin tertentu, kami akan melakukannya. Kami punya tim yang bekerja untuk itu -- mesin pencarian," kata CEO Facebook tersebut.

Di ranah pencarian, Google memang tetap mendominasi. Data comScore terbaru menyebutkan, di Amerika Serikat, Google memegang porsi 66,9% dari pangsa pasar pencarian. Bing berada di angka 16% sementara Yahoo 12,2%. Jika kerja sama dengan Facebook terlaksana, analis menilai mungkin saja pangsa pasar Yahoo bisa terdongkrak.

0 komentar:

Posting Komentar

By Zoelfata. Diberdayakan oleh Blogger.